Responsive Ad

Cara Menyembunyikan 8 Digit Angka Terakhir NIK dengan Tanda Bintang

Data yang bersifat pribadi sangatlah perlu dijaga kerahasiaanya, dalam pengolahan data tersebut tentu kadang - kadang kita menyimpan data pribadi seseorang yang tidak boleh dilihat atau dibaca sembarangan oleh orang lain karena berhubungan dengan identitas pribadi orang lain. 

Identitas yang penting dan tidak boleh sembarangan untuk dilihat orang lain itu misalnya NIK, NKK, nomor telepon atau yang lainnya. 

Informasi yang tercatat dalam Excel tersebut menjadi hal penting untuk dilakukan sehingga kita perlu melindungi data tersebut dengan menyembunyikan beberapa karakter angka dalam NIK atau nomor telepon tersebut admin akan menggunakan Fungsi REPLACE dalam Microsoft Excel. 

Dengan Fungsi ini kita gunakan untuk mengganti angka tertentu dengan karakter lain dan juga jumlah karakter yang bisa ditentukan.

Untuk menyembunyikan beberapa digit terakhir dari NIK dengan menggunakan Fungsi REPLACE tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami argumen dari fungsi REPLACE tersebut.


Ada 4 argumen penting dalam menggunakan Fungsi REPLACE untuk menghilangkan 8 digit terakhir pada nomor NIK dalam Excel.

Fungi REPLACE :

=REPLACE(old_text;start_num;num_char;new_text)

Untuk menghilangkan 8 digit angka terakhir NIK dengan Fungsi REPLACE maka argumen diatas harus diisi dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. old_text : diisi dengan cell atau range yang terdapat nomor NIK dengan ditulis penuh ( tanpa dihilangkan 8 digit terakhir ).
  2. start_num : diisi dengan angka mulai yang dihilangkan dalam NIK tersebut. Biasanya NIK itu berjumlah 16 digit, maka untuk menghilangkan 8 digit terakhir berarti dimulai dari angka 9.
  3. num_char : diisi dengan jumlah karakter yang akan disembunyikan, jika akan menyembunyikan 8 digit maka masukan angka 8.
  4. new_text : isi dengan karakter atau hiuruf baru yang ditampilkan menutupi 8 angka terakhir, misalnya "**".



Itulah empat argumen dalam Fungsi REPLACE yang akan digunakan untuk menyembunyikan 8 digit terakhir angka NIK dalam Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya Sobat dapat menonton Video Tutorialnya diatas.



Source: Depo Program

Post a Comment

0 Comments